Sky-Line
Forum | Sky-Line.N-Stars.org
Selamat Datang di FORUM Sky-Line.N-Stars.org
Bgi yg blm mendaftar klik pendaftaran/register
bgi yg sdh mendaftar klik login....

Terima kasih
By Admin Sky_Line

[Info] Mobil Listrik Tanpa Supir A.k.a Jalan Sendiri

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

default [Info] Mobil Listrik Tanpa Supir A.k.a Jalan Sendiri

Post by Admin on Sat Feb 05, 2011 12:11 am

ini adalah [Info] Mobil Listrik Tanpa Supir A.k.a Jalan Sendiri


Enlarge this image


Tidak
ada yang mengira, Uni Emirat Arab (UEA) yang hanya dikenal sebagai
negara kaya minyak, kini juga gencar mengembangkan teknologi otomotif.
Belum lama ini mereka meluncurkan mobil unik yang dinamakan podcar. Uji
coba pun sukses dilakukan di Masdar City, sebuah kota kecil di Abu
Dhabi, ibu kota negara. Apa saja kelebihan podcar?
SEBENARNYA ide
dasar UEA dalam pembuatan podcars memang bukan untuk mengembangkan
teknologi industri otomotif. Pemerintah setempat justru sedang membuat
proyek percontohan (pilot project), berupa pembangunan kota kecil yang
bebas dari bahan bakar fosil seperti bensin dan solar.

Maka
dipilihlah Masdar sebagai lokasinya. Para perencana struktur kota ini
telah mengungkapkan ke publik tentang rencana mereka untuk menggunakan
cara baru dalam bidang transportasi, yaitu taksi listrik, sehingga tidak
membutuhkan pasokan BBM yang menjadi komoditas ekspor andalan negara
tersebut.

Hebatnya lagi, alat transportasi ini pada akhirnya bisa
dioperasikan tanpa sopir atau pengemudi. Sebab, semuanya telah
digerakkan secara otomatis dengan tenaga listrik. Mobil unik itulah yang
kemudian dinamakan podcar.

Dalam uji cobanya, podcar yang
difungsikan sebagai taksi dapat berjalan di atas sebuah jalur (mirip rel
kereta api). Ia akan berhenti di tempat-tempat tertentu, di mana calon
penumpang sudah siap menunggu.

Kalau mau menggunakan taksi unik
ini, calon penumpang mesti memilik kartu identitas. Jadi, mereka harus
mendaftar dulu ke otoritas yang berwenang (semacam DLLAJ).

Dalam
kartu identitas ini tertera nama lengkap, juga nama panggilan pelanggan.
Jika ingin memanfaatkan podcars, pelanggan cukup menggesekkan kartu
identitas ke pintu mobil.

Begitu taksi terbuka, sebuah suara
otomatis akan memanggil nama akrab pelanggannya. Setelah penumpang naik,
podcar segera meluncur ke tempat tujuan, atau setidaknya ke tempat
pemberhentian yang terdekat dengan tujuan penumpang.

Uji coba
yang dilakukan bulan lalu ini diharapkan bisa ditingkatkan dengan
operasionalisasi secara massal dan resmi, diperkirakan tahun ini juga.
Berbeda
dari MRT Diharapkan Masdar City menjadi kota yang benar-benar terbebas
dari mobil konvensional. Artinya, tak ada lagi mobil berbahan bakar
bensin dan solar di kota futuristik tersebut.

Podcar pada
hakikatnya merupakan personal rapid transit (PRT). Moda inilah yang
bakal menggantikan peran mass rapid transit (MRT).

Berbeda dari
MRT yang jumlah penumpangnya hampir sama dengan jumlah penumpang kereta,
maka PRT hanya memiliki maksimal 10 tempat duduk. Kecepatannya relatif
lambat, yaitu 7 meter / detik, atau 25,2 km / jam.

Podcar lebih
diperuntukkan sebagai transportasi umum untuk melayani rute dari satu
gedung ke gedung lainnya di Masdar City. Jarak terjauh hanya 2,5 km.
Dengan sistem ini, tentu pembangunan infrastuktur tidak serumit MRT.
Sebab PRT hanya memungkinkan untuk singgah ke beberapa gedung saja.

Sebenarnya
gagasan untuk mengembangkan podcars sudah muncul di mana-mana. Amerika
Serikat pun mulai merintisnya, meskipun belum secepat UEA yang sudah
melakukan uji coba dalam skala cukup luas.

Pemerintah Provinsi
DKI Jakarta pun berencana melakukan hal yang sama di tahun 2010.
Bentuknya memang bukan PRT, melainkan MRT sebagai moda transportasi
massal pengganti bus, angkota, dan bajaj. MRT bakal bersanding dengan
busway yang lebih dahulu dioperasikan, serta kereta rel diesel (KRD)
yang beroperasi di wilayah Jabodetabek.
Kendali Komputer Baik
podcar/PRT maupun MRT dioperasikan lewat kendali komputer. Ia berjalan
di rel khusus (mirip monorail atau subway). Proyek podcar di AS
dijalankan oleh Connect Ithaca, grup perencana dan pembangunan yang
diberi tugas mendesain sebuah kota untuk manusia; bukan kota untuk
kendaraan.

”Podcar merupakan gabungan antara privasi dan otonomi
era automobile, dengan aspek transportasi publik yang amat ramah
lingkungan. Ini (podcar) adalah sebuah ciptaan yang sempurna,” kata
Presiden Connect Ithaca, Jacob Roberts.

Krisis energi fosil, kata
dia, diyakini bisa mempercepat podcar sebagai idola baru dalam
transportasi pribadi maupun massal. Podcar yang dikendarakan secara
otomatis ini diharapkan mampu mengurai kemacetan, karena alat
transportasi ini bebas dari lampu lintas.

”Cara kerja podcar
sebenarnya hampir sama dengan eskalator. Hanya saja, eskalator berjalan
secara miring, baik menuju ke atas maupun ke bawah. Sedangkan podcar
berjalan secara horisontal (mendatar),” tutur Roberts.

Rencananya,
pembangunan seluruh infrastruktur pordcar di beberapa negara bagian AS
akan dimulai selambatnya tahun 2010. Jadi, masih kalah cepat dari
rencana UEA.

Saat ini, podcar sudah mulai diujicoba sebagai
kendaraan wisata. Kapasitas duduknya baru sekitar 10 penumpang. Sejumlah
warga Ithaca yang mencobanya terlihat gembira bisa menaiki inovasi
terbaru di bidang transportasi ini.

Tahun depan, Bandara Heathrow
di London juga bakal mencoba sistem podcar ini. Beberapa perusahaan di
Swedia, Polandia, dan Korea pun siap mengoperasikan podcar, meski masih
dalam taraf uji coba.

Bisa disimpulkan, podcar bakal menjadi tren
mobil pribadi dan angkutan umum di masa datang, terutama untuk
mengatasi kemacetan lalu lintas di kota-kota besar di dunia, sekaligus
mengurangi polusi udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor
berbahan bakar bensin/solar.

Keuntungan lainnya, operasionalisasi
podcar bisa mengatasi maraknya kecelakaan lalu lintas akibat human
error (kesalahan manusia), seperti mengemudi dalam keadaan mengantuk,
sopir yang ugal-ugalan, atau kendaraan dalam keadaan tak layak jalan.

Semua
masalah itu bisa teratasi jika menggunakan podcar, karena tak lagi
diperlukan pengemudi. Semua sudah disetel dan dikontrol komputer.
Kapankah Indonesia bisa menerapkannnya?

credit : shendy

Admin
Admin

Jumlah posting : 50
Join date : 30.01.11

Lihat profil user http://sky-line.n-stars.org

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik